MALAIKAT DAN SIFAT-SIFATNYA

Perlu dimengerti, bahwa Allah Swt. telah. menciptakan empat malaikat yang mulia, yaitu:

1. Malaikat Israfil.

2. Malaikat Mikail

3. Malaikat Jibril

4. Malaikat Izra’il

Allah Swt. memberi tugas kepada mereka untuk mengurus urusan-urusan makhluk dan mengatur alam raya seluruhnya. Malaikat Jibril diberi tugas menyampaikan wahyu dan urusan kcTasulan. Malaikat Mikail diberi tugas mengurus hujan dan rezeki. Malaikat Izra’il diberi tugas mencabut nyawa. Dan Malaikat Israfil diberi tugas meniup terompet.

Malaikat Israfil

Abdullah bin Abbas r.a. berkata: Sesungguhnya Malaikat Isrofil  mrmohon kepada Allah Swt. kekuatan seperti kekuatan tujuh  langit, seperti kekuatan tujuh lapis bumi, kekuatan seperti kekuatan angin, gunung, seluruh kekuatan manusia dan jin serta kekuatan binatang-binatang buas. Semua permohonan Malaikat Isralil tersebut dikabulkan oleh Allah Swt.

Malaikat Israfil itu penuh rambut, mulai dari telapak kaki sampai ujung kepala dan memiliki beberapa mulut serta lisan yang ditutupi dengan tabir. Dia selalu membaca tasbih dengan tiap-tiap lisan dengan seribu bahasa. Allah Swt. menciptakan seribu malaikat dari Malaikat Israfil yang semuanya selalu membaca tasbih kepada Allah Swt. sampai hari kiamat. Mereka itu adalah Malaikat Al-Muqarrabin (dekat dengan Allah Swt.), pembawa Arasy dan menjadi juru pencatat. Bentuk dan rupa mereka, seperti bentuk dan rupa Malaikat Israfil.

Malaikat Israfil setiap hari melihat neraka Jahanam sebanyak tiga kali, dia menangis dan beribadah hingga menjadi kurus. Andaikata Allah swt tidak membendung air mata Malaikat Israfil, maka bumi ini pasti akan dipenuhi air matanya dan menjadi banjir seperti ketika masa Nabi Nuh a.s.

Malaikat Israfil ini sangat besar sekali, karena besarnya, andai-kata seluruh air dan sungai di dunia ini disiramkan ke atas kepala-nya, maka tidak ada setetes airpun yang jatuh ke bumi.

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail diciptakan Allah Swt. lima ratus tahun setelah malaikat Israfil. Tubuhnya dipenuhi rambut yang terbuat dari Za’faran mulai dari kepala hingga telapak kakinya. Sayap-sayap-nya terbuat dari permata Zamrud yang berwarna hijau, tiap rambut Malaikat Mikail terdapat satu juta wajah, dan setiap wajah memiliki satu juta mata dan sejuta lisan yang seluruhnya berbicara dengan seribu bahasa. Tiap-tiap mata Malaikat Mikail itu selalu menangis karena kasihan kepada orang-orang mukmin yang melakukan dosa. Dan tiap-tiap lisannya memohon ampunan kepada Allah Swt. untuk orang-orang mukmin yang melakukan dosa itu. Setiap mata Malaikat Mikail itu meneteskan tujuh puluh ribu tetesan air mata, dan setiap tetesan dijadikan oleh Allah Swt. malaikat yang bentuk dan rupanya seperti Malaikat Mikail yang seluruhnya membaca tasbih kepada Allah Swt. sampai hari kiamat. Nama mereka itu adalah Malaikat Karibiyyun.

M;ilaikat-malaikat Karibiyyun adalah pembantu Malaikat MikaD, incrcka bertugas mengurus hujan, rezeki, tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Semua yang ada di laut, semua buah-buahan yang ada di atas pohon dan tanaman-tanaman yang ada. di atas bumi pasti dijaga oleh seorang malaikat yang ditugaskan oleh Allah Swt.

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril diciptakan Allah Swt. lima ratus tahun setelah Malaikat Mikail. Dia memiliki seribu enam ratus sayap. Mulai dari kepala hingga telapak dipenuhi dengan rambut yang terbuat dari Za’faran. Matahari itu berada di antara kedua matanya. Tiap-tiap rambut terdapat benda gemerlap seperti bulan dan bintang-bintang. Tiap hari dia masuk ke lautan cahaya sebanyak tiga ratus tujuh puluh kali. Apabila dia keluar dari lautan cahaya, maka ada seratus tetesan yang jatuh dari tiap-tiap sayapnya dan setiap tetes tersebut dijadikan seorang malaikat oleh Allah Swt. yang bentuk dan rupanya seperti Malaikat Jibril. Semua malaikat itu membaca tasbih kepada Allah Swt. sampai hari kiamat Maka dari itu mereka disebut Malaikat Ar-Ruhaniyyun.

Malaikat Maut Izrail

Bentuk dan rupa malaikat maut itu seperti Malaikat Israfil, baik wajah, lisan, sayap, besar maupun kekuatannya, tidak kurang dan tidak lebih.

Dalam bab berikutnya akan diuraikan secara panjang lebar tentang Malaikat Maut ini. Insya Allah. ***